Surat Pembaca
Shopee Indonesia

Kecewa dan Merasa Dirugikan oleh Sistem Penyaringan Produk Shopee

Jumat, 21 Mei 2021 | 13:43 WIB

Saya selaku penjual atau seller Shopee dan salah satu pelapor dengan nomor laporan 165165574. Saya merasa dirugikan oleh sistem penyaringan (screening) produk Shopee.

Saya importir lampu led otomotif resmi serta menjual produk kembang api.

Bertahun-tahun saya komplain mengenai permasalahan yang sama, yakni setiap menjelang puasa dan tahun baru penjual diperbolehkan menjual kembang api. Namun begitu tiba akhir musim penjualan, produk kembang api tiba-tiba dihapus semua, dengan alasan karena menjual produk berbahaya.

Jawaban pihak Shopee selalu sama dan hanya copy paste saja tanpa penyelesaian. Terlihat staf dan admin Shopee tidak niat untuk membaca atau memahami masalah yang ada.

Menurut saya ada beberapa keanehan dalam penyaringan produk di Shopee:

1. Sebelum mengunggah produk di Shopee, ada opsi atau pilihan keterangan apakah “kategori produk berbahaya” atau tidak , yang artinya Shopee mengetahui dan mengizinkan penjualan untuk kategori produk berbahaya tersebut.

2. Sejak 2018, saya selaku penjual di Shopee diperbolehkan menjual kembang api sebelum hari besar, bahkan lebaran 2021 ini saya sudah membayar iklan lebih dari Rp5.000.000 di Shopee.

Tapi saat musim penjualan kembang api sudah mau berakhir, tiba-tiba produk kembang api mulai diblokir dan dihapus semua. Ini sudah saya alami sejak awal bergabung di Shopee.

Saya kira sangat merugikan beriklan di Shopee, jika setiap produk sudah terjual ribuan, lalu tiba-tiba bisa diblokir sepihak oleh pihak admin Shopee dengan alasan yang monoton.

3. Ada beberapa toko online (tidak memiliki alamat toko) di Shopee yang sama persis menjual produk kembang api saya, berikut foto fisik, penamaan produk serta kategori produk.

Saya sudah sering ajukan pemeriksaan ke Shopee pada fitur “Laporkan produk ini" karena saya merasa tidak adil, kenapa hanya toko saya yang selalu diblokir, sedangkan toko lain tidak?

Anehnya toko-toko tersebut selalu lolos pemeriksaan selama berbulan-bulan, bahkan ada yang satu tahun tidak dihapus sama sekali.

Meski saya sering mengadukan ke pihak Shopee. Ada 4 hingga 6 toko area Jabodetabek yang saya analisa selalu lolos pemeriksaan Shopee.

Berdasarkan hal tersebut, saya curiga dan kecewa dengan sistem penyaringan produk Shopee.

Saya menjual dengan harga murah di Shopee agar semua orang bisa berdagang dengan modal minim.

Saya membantu perekonomian banyak orang melalui pemasaran daring ini, tetapi sistem Shopee ternyata tidak memiliki komitmen.

Bila alasannya penyaringan akan dilakukan bertahap, saya rasa sangat aneh, karena penyaringan dilakukan secara sistem otomatis melalui pencarian kata (keyword) dan kesamaan foto produk, bukan pemeriksaan manual satu per satu di setiap akun.

Mudah saja cukup ketik “kembang api”, otomatis produk kembang api semua muncul bukan?

Saya juga berjualan di Tokopedia dan Bukalapak, mereka menyaring secara sistem, bukan satu persatu seperti alasan admin Shopee ketika saya komplain dan tidak pernah digubris.

Shopee merupakan perusahaan internasional, selayaknya memiliki SDM yang berkapasitas, cerdas dan bisa memahami permasalahan, bukan hanya memberikan jawaban copy paste. (IRA)

Tommy Harjono
Jl. Raya Hankam, Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media