Surat Pembaca
KIA - PT Kreta Indo Artha

Sulitnya Mendapatkan Spare Part Kia Seltos

Sabtu, 5 November 2022 | 15:38 WIB

Saya pemilik mobil Kia Seltos 2022. Pada 22 Maret 2023, mobil Kia Seltos saya mengalami kecelakaan dengan kerusakan pada bagian depan atas mobil sebelah kiri yang merusak kap mobil, kaca depan, roda depan kiri, atap kiri (termasuk kerusakan Interior).

Melalui asuransi Raksa Pratikara, pencarian spare part selama 2 bulan pertama tidak membuahkan hasil karena semua bengkel rekanan asuransi tidak ada yang mempunyai spare part Kia Seltos.

Saya mencoba ke dealer resmi Kia untuk mencari spare part tersebut. Mulai dari menghubungi semua sosial media resmi Kia Indomobil (FB, Twitter, Instagram) untuk meminta bantuan berkali-kali, namun sama sekali tidak direspons.

Akhirnya saya coba ke Kia TB Simatupang, namun pihak bengkel juga sama sekali tidak bisa membantu dengan kepastian jelas.

Alasannya, Kia Indomobil sedang dalam proses pemindahaan gudang, inden tanpa ada kepastian kapan barang tersedia, juga embel-embel bahwa beberapa spare part yang diperlukan tidak bisa masuk karena kendala SNI yang belum di urus Kia.

Selain Kia TB Simatupang, saya juga mencoba ke Kia Depok serta Bintaro dan respons-nya sama. Call Centre Indomobil 021-8565959 juga saya hubungi dan tidak membuahkan hasil.

Sangat mengecewakan sekali pelayanan Kia dalam memenuhi janji kemudahan spare part. Dengan tidak adanya jalur proses resmi yang jelas, alhasil saya harus benar-benar mengemis ke perorangan Staff Kia mulai dari Sales Kia sampai akhirnya saya bisa dapat nomor staff bengkel Kia PIK.

Beliau baru benar-benar bisa membantu saya dengan mengecek semua kebutuhan spare part. Setelah dapat estimasi harga spare part, barulah asurasi Raksa Pratikara akhirnya dapat membuat PO per tanggal 11 Juni 2022 (PR2102632) untuk total 26 spare part.

Perlu diingat bahwa sampai detik itu Kia sama sekali tidak bisa memberikan jaminan kapan akan bisa sampai, plus kelengkapan yang bisa dipenuhi karena beberapa belum mendapatkan SNI.

Setelah menunggu beberapa bulan tanpa jaminan, pada 20 oktober saya terima kabar dari asuransi bahwa dari total 26 item, 9 item tidak dapat dipenuhi Kia. Sampai detik ini pun pihak Kia sama sekali tidak bisa memberikan jawaban apakah 9 barang itu bisa masuk ke Indonesia (kendala SNI) ataupun kejelasan waktu.

Saya sangat kecewa sekali dengan pelayanan konsumen dan profesionalitas PT Kreta Indo Artha. Saya tertipu dengan janji dan komitmennya di media-media nasional bahwa ketersedian dan kemudahan memperoleh spare part akan menjadi fokus utama dalam memberikan ketenangan untuk para konsumen Kia.

Saya mohon PT Kreta Indo Artha untuk turun tangan dan membantu kami para konsumen yang tidak mendapatkan spare part. Sudah 8 bulan mobil yang saya sangat perlukan teronggok di bengkel karena masalah spare part. (IRA)

Rachmat
Jl. Pinang Emas 1, Blok UV No.26 RT 014 RW 003, Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.
Surat Pembaca
Lihat Semua
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media