Surat Pembaca
PT. XL Axiata

XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan

Jumat, 1 Februari 2019 | 16:17 WIB

Pada tanggal 8 Desember 2018, saya mengunjungi XL Center di Puri Indah Mall untuk melakukan update data kartu kredit. Update data kartu kredit dilakukan karena ada promo pemutakhiran data. Saat itu, data yang saya serahkan tidak langsung dimasukkan ke dalam sistem. Customer service yang melayani saya hanya mencatat data-datanya di selembar kertas. Customer service tersebut menyatakan bahwa saya akan mendapatkan benefit dari promo ini bulan depan.

Bulan Januari, saya masih mendapatkan SMS terkait promo pemutakhiran data. Merasa curiga karena terus mendapatkan SMS tersebut, saya menghubungi call center XL di nomor 818 untuk memastikan SMS promo tersebut. Customer service yang melayani saya pada saat itu meminta saya untuk menunggu tagihan untuk memastikan promonya. Pada saat tagihan datang, tercantum  total biaya normal tanpa terpotong promo. Saya pun kembali menghubungi call center XL. Customer service yang melayani saya menyatakan pihaknya tidak dapat memberikan solusi. Akan tetapi saya dijanjikan bahwa pihaknya akan melakukan follow up kepada XL Center Puri Indah Mall.

Setelah mengajukan komplain, pihak XL Puri Indah Mall menyatakan bahwa pihaknya tidak dapat menemukan data kartu kredit yang sudah saya berikan bulan lalu. Recovery data tidak dapat dilakukan karena data yang saya serahkan hanya dicatat di selembar kertas dan customer service yang melayani saya pada saat itu sudah resign. Saya sangat kecewa dengan kejadian ini. Saya harap pihak XL segera membenahi manajemennya sehingga kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang.

Andy Sukandi
Taman Kota blok B4 No.10, Jakarta
PT XL Axiata Tbk

XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan

Kamis, 11 April 2019 | 17:19 WIB

Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Andy Sukandi melalui Kompas.com 1 Februari 2019 berjudul “XL Center Lalai dalam Penyimpanan Data Pelanggan", kami telah menghubungi pelanggan yang bersangkutan dan menindaklanjuti permasalahan yang terjadi dan memberikan solusi terkait kendala yang dialami. Bapak Andy Sukandi telah menerima penjelasan dan solusi yang kami sampaikan sehingga permasalahan atau keluhan dianggap telah terselesaikan dengan baik.

Peningkatan kualitas layanan akan terus dilakukan dan perhatian Andy Sukandi merupakan acuan bagi kami untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi di masa mendatang. Atas keluhan yang terjadi, tidak lupa kami sampaikan permohonan maaf.

Demikian tanggapan kami. Untuk informasi mengenai layanan XL, silakan menghubungi 817, 021 57959817/08170817707 dari telepon lainnya, mengunjungi XL Center terdekat, e-mail ke customerservice@xl.co.id, atau melalui Twitter @myXLCare.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Tri Wahyuningsih - Group Head Corporate Communication
XL Axiata Tower, JL.H.R. Rasuna Said X5 Kav. 11 – 12, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12950
Tanggapan Lain
Lihat Semua
Telkomsel
Pelayanan & Apps Telkomsel Sangat Tidak Memuaskan
JNE
Dijanjikan Sehari Sampai, Hingga Kini Belum Ada Informasi
Bank BNI
Tagihan Transaksi Kartu Kredit Terlambat 9 bulan
XL Axiata
Sinyal XL dan Axis Hilang
XL Axiata
Hati-Hati dengan Penawaran Promo Telemarketer
Surat Pembaca
Lihat Semua
Bank BNI
Lebih dari 14 Hari Uang Tertelan Saat Setor Tunai, Hingga Kini Belum Ada Kabar
J&T express
Kiriman Barang Sesama di Surabaya Tak Kunjung Sampai
Indosat
Sudah 2 Minggu Sim Card Masih Belum Aktif
LinkAja
Belum Diberikan Cash Back dari Festival LinkAja
PT. Benelli Anugerah Motor Pusaka
Kecewa Plat Nomor dan STNK Belum Diterima