Surat Pembaca
Traveloka

Pengajuan Refund yang Tidak Tepat Waktu

Rabu, 26 Agustus 2020 | 13:12 WIB

Saya mengeluhkan pengajuan refund yang tidak jelas. Tiket yang saya refund ID 555161192 rute Singapore - Bangkok dengan maskapai Cathay Pasific atas nama penumpang Steven Lesmana dan Bong Evi.

Metode pembayaran menggunakan paylater (sudah dilunasi) dan menggunakan email istri.

Kronologi refund. Pada 2 Mei 2020, saya telepon Traveloka. Melalui email istri, Traveloka meminta waktu 5x24 jam untuk konfirmasi ke pihak maskapai. Pada 11 Mei, Traveloka menginformasikan melalui email bahwa maskapai menyetujui dan memberikan dua pilihan, yakni reschedule atau refund.

Untuk pilihan refund, saya diminta mengisi data dan me-reply email tersebut dengan estimasi refund selama 90 hari sejak tanggal pengajuan. Pada 12 Mei, saya memilih refund dan mengirimkan datanya.

Pada 14 Mei, saya mendapat balasan dari Traveloka telah menerima dan melakukan submit data yang diberikan. Saya diminta menunggu proses refund selama 90 hari

Pada 19 Agustus karena tidak kunjung diinformasikan, saya chat Traveloka di aplikasi dengan nomor tiket #16737327. Saya diminta menunggu selama 2 hari oleh Rizki Customer Service Representative. 

Pada 21 Agustus dengan nomor tiket yang sama Traveloka mengatakan akan konfirmasi kembali ke maskapai selama 3x24 jam. Hal ini diinformasikan oleh Patricia International Ticket Specialist.

Hingga 24 Agustus, Traveloka tidak menghubungi saya. Tiket di-close oleh Traveloka setelah saya mengirimkan capture jawaban di-direct message Instagram akun Traveloka. Tak lama saya menerima balasan di Instagram bahwa Traveloka baru memproses refund pada 22 Agustus. Saya diminta menunggu kembali selama 90 hari.

Di hari yang sama saya melakukan live chat kembali dengan nomor tiket #16797440. Anehnya, jawaban Traveloka menyatakan masih menunggu persetujuan pihak maskapai. Informasi oleh Casini Customer Service Representative.

Saya juga mengirimkan email dengan bukti capture, namun tidak ditanggapi hingga hari ini. (DND)

Steven
Perum Villa Bukit Indah, Batam
PT Trinusa Travelindo

Pengajuan Refund yang Tidak Tepat Waktu

Jumat, 28 Agustus 2020 | 10:34 WIB

Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan Kompas.com kepada Traveloka selama ini.

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai permintaan pengembalian dana tiket pesawat yang terbit di Kompas.com pada 26 Agustus 2020.Kami ingin menyampaikan bahwa tim internal kami telah menghubungi Bapak Steven Lesmana, guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Steven alami.

Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Steven. Melalui ini, kami juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami ketika melakukan proses pengembalian dana (refund) tiket pesawat.

Sehubungan dengan lonjakan permintaan yang kami terima, kami menghimbau pengguna untuk dapat menghubungi kami melalui aplikasi Traveloka di menu My Booking (Pesanan), untuk mendapat tanggapan yang lebih cepat.

Pengguna dapat memilih pesanan yang ingin di reschedule/refund dan memilih Manage Booking (Atur Pesanan) untuk melanjutkan prosesnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas pengertian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Tim PR Traveloka
Wisma 77, Jakarta
Tanggapan Lain
Lihat Semua
TRAVELOKA & CIMB NIAGA
Kecewa Dengan Pelayanan Traveloka dan CIMB
Lazada Indonesia
Saldo Ditahan dan Toko Ditutup oleh Lazada
Lazada Indonesia
Kecewa Akun Seller Center Lazada Dibatasi, Dikenakan Pelanggaran dan Banding Ditolak
Panin Dai-Ichi Life
Lamanya Proses Klaim Asuransi Kematian Panin Dai-Ichi Life
First Media
Sulitnya Proses Berhenti Layanan Televisi First Media
Surat Pembaca
Lihat Semua
XL Axiata dan AXIS
Klaim Bundling e-SIM AXIS Untuk Samsung Galaxy A55 5G yang Sangat Membingungkan
Permata Bank
Kekecewaan Pada Permata Bank Dalam Melayani Sanggahan Transaksi Nasabah
J&T Cargo
Sudah Dua Puluh Lima Hari, Paket J&T Cargo Belum Juga Sampai
Shopee Indonesia dan JNE
Barang Dinyatakan Hilang, Shopee dan JNE Lepas Tangan
Bank Mandiri cab. Thamrin Jakarta Pusat
Lamanya Mencairkan Dana di Rekening Nasabah Bank Mandiri yang Sudah Meninggal