Surat Pembaca
Bank Sumut
Transfer ke Bank Sumut, 4 Bulan Belum Masuk
Saya sebagai nasabah merasa kecewa dengan pelayanan Bank Sumut. Transfer uang dalam kurs dollar dari Citi Bank Singapura atas nama Google ke rekening Bank Sumut atas nama istri saya, Renny Alna, belum diterima hingga hampir 4 bulan. Awalnya, tanggal 21 Agustus 2017, Citi Bank Singapura melakukan transaksi transfer ke Bank Sumut milik istri saya.
Telkomsel
Pelayanan di Grapari Telkomsel Mengecewakan
Pada Jumat 15 Desember 2017 saya pergi ke Grapari Telkomsel Roxymas. Sesuai dengan jadwal yang saya cari di media sosial, jadwal untuk Grapari Ruko Roxymas pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Hari itu saya sampai sekitar jam 16.10 dan ketika ingin mengambil karcis antrean, saya ditolak oleh petugas.
JNE
Kecewa Paket Yes JNE
Saya memesan sebuah handphone di Bukalapak tanggal 14 Desember 2017 dengan pengiriman JNE YES. Awalnya proses status tracking berjalan dengan normal tanpa kendala. Namun setelah status tracking berubah menjadi criss and cross saya panik dan langsung menghubungi Call Center JNE.
Shopee
Shopee Membekukan Akun Sepihak
Saya membuat akun dengan nama Shopfmb. Kemudian Shopee dengan sepihak membatasi akun saya sehingga saya tidak bisa melakukan pembelian maupun berjualan dengan alasan indikasi penyalahgunaan akun tanpa rincian kejelasan lebih lanjut. Saya sangat dirugikan karena akun saya untuk aktifitas online shop seperti yang lainnya. Mohon tanggapannya dari Shopee khususnya Mala CS Shopee.
Bolt
Tidak Serius Menanggapi Keluhan Pelanggan
Saya kecewa dengan pelayanan Bolt. Permasalahan saya pernah diterbitkan di surat pembaca Kompas.com tanggal 24 September 2017 dengan judul Akun Bolt Ditutup, Auto Pay Tetap Muncul. Sampai saat ini permasalahan saya belum diselesaikan oleh pihak Bolt. Saya sudah berulang kali menghubungi Bolt Care dengan nomor laporan 1710210000002496.
Tokopedia
Uang Belum Dikembalikan Oleh Tokopedia
Tanggal 14 Desember 2017 saya transfer pembayaran tagihan air PDAM ke Tokopedia melalui ATM dengan invoice IVR/20171214/XVII/XII/30863929. Malam harinya transaksi tersebut hilang dari daftar transaksi di Tokopedia. Customer service hanya mengatakan bahwa transaksi sudah dibatalkan, tanpa alasan sama sekali.
Bank BNI
Buruknya Sistem Tindaklanjut Keluhan
Kronologinya pada hari Minggu tanggal 10 Desember 2017 malam saya setor tunai di ATM Bank BNI Pondok Cina, Depok dengan nominal cukup besar karena uang itu sangat dibutuhkan atau urgent pada waktu itu. Ternyata setelah setor, mesin ATM mengeluarkan bukti setor dengan keterangan cek kembali saldo Anda karena ada masalah. Ketika saya cek ternyata saldo nol.
Tokopedia
Tokopedia Tidak Punya Data Penjual
Pada tanggal 5 Desember 2017 saya melakukan transaksi pembelian drone melalui Tokopedia. Setelah menemukan penjual drone dengan nama toko “DodgeID”, maka saya menanyakan ketersediaan barang melalui media chatting yang ada dalam aplikasi Tokopedia. Setelah mendapatkan konfirmasi ketersediaan barang maka penjual DodgeID meminta melakukan pembayaran dengan memberikan kode pembayaran yang dilakukan di Alfamart.
JNE Jakarta
Website JNE Tidak Up To Date
Saya kecewa dengan pelayanan JNE karena informasi di-website jne.co.id tidak up to date. Pengiriman yang lambat, dari tanggal 12 Desember 2018 hingga sekarang belum menerima barang tersebut. Customer service hanya melihat data yang sama dengan di website, tanpa cross cek langsung ke lapangan bagaimana kondisi barang tersebut.
Tokopedia
Fitur Peluang Menjebak Pelanggan dan Merugikan Penjual
Tanggal 11 Desember 2017 saya membeli barang di Tokopedia. Karena berubah pikiran dan ingin barang yang lain, saya minta seller pertama untuk cancel order saya. Seller pertama bersedia dan membatalkannya. Tanpa ada konfirmasi, orderan yang ter-cancel tersebut tiba-tiba dialihkan keseller kedua melalui fitur peluang di Tokopedia.
Kirimkan Surat Anda
Login atau Register terlebih dahulu untuk mengirim surat Anda. Lihat syarat dan ketentuan di sini.